[stikku.ac.id] – Program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan kembali mengadakan Seminar Profesi Kesehatan Lingkungan Tahun 2021 yang diadakan secara offline dan online oleh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dan diikuti oleh beberapa mahasiswa dari seluruh Indonesia sebanyak 415 orang pada hari Sabtu (06/11).

Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM mengatakan dalam opening speechnya bahwa seminar profesi kesehatan lingkungan merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh mahasiswa program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, tahun ini peminatan lingkungan mengangkat tema yang jadi keresahan kita bersama yaitu plastic dan menjadi masalah di Indonesia.

Kegiatan seminar profesi kali ini yakni Peminatan Kesehatan Lingkungan, Administrasi Kebijakan Kesehatan dan Kesehatan Keselamatan Kerja dengan mengambil tema tentang “Tantangan Dan Komitmen Pemerintah Dalam Pengendalian Sampah Plastik Dan Mikroplastik Sebagai Upaya Mencapai Target SDG’s Indonesia Bebas Sampah Plastik Tahun 2030”

Sementara itu menurut Yayat Sudrajat, SKM selaku Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kab.Kuningan dalam sambutannya menyampaikan bahwa para mahasiswa harus mampu memahami apa yang akan disampaikan oleh para narasumber supaya bisa mengolah sampah dan limbah plastik agar mamapu membuat langkah dan strategi dalam penangannya.

“Saya mengucapkan selamat Dies Natalis untuk STIKKU yang ke-15, semoga senantiasa inspiratif dan inovatif dalam melaksanakan program-programnya dan  saya bersyukur STIKKu telah bekerjasama dengan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kab.Kuningan dan semoga kedepannya bisa terus terjalin kerjasama yang baik.” ucapnya

Wakil Ketua I Bidang Akademik STIKes Kuningan, Cecep Heriana, S.KM, MPH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan para peserta juga narasumber yang telah berhasil melaksanakan acara Seminar Profesi ini.

“Saya senang sekali para mahasiswa aktif dalam menyelenggarakan seminar profesi ini, mahasiswa juga paham bagaimana menjadi entrepreneur dengan kemandirian dan bimbingan oleh Dosen Kesmas sehingga berbagai kegaiatn dapat terlaksana. Seminar Kesling ini terus kami dorong penuh baik sebagai host atau  penyelanggara karena sudah menjadi tugas kita bersama sebagai sivitas akademika STIKKu dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu kita harus turun tangan dalam penanggulangan sampah bekerjasama dengan stake holder dan juga pemerintah. Komitmen stikku juga terus menggalakan Health Promoting Campus, yakni dengan mempromosikan hidup sehat dan tentu upaya-upaya preventif yang dapat menjadi inspirasi bagi kampus kesehatan lainnya.” ucapnya

Sebelum narasumber menyampaikan materinya terlebih dahulu disampaikan hasil studi dan penelitian oleh Tia Fitriani (Mahasiswa STIKKu) tentang penanganan dan penanggulangan sampah plastic untuk meminimalisir dampak dari mikroplastik diwilayah desa Ciniru kecamatan Jalaksana bersama  tim Departemen Kesehatan Lingkungan semester 7.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh 2 orang narasumber yakni Wawan Setiawan, S.Hut., MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan  juga Eka Chlara Budiarto, S.Si dari Zerowaste Campaigner Gresik yang memaparkan berbagai pengetahuan tentang penanganan dan solusi terbaik dalam menanggulangi masalah sampah di Indonesia khususnya di kabupaten Kuningan. (Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The post SEMINAR PROFESI KESEHATAN LINGKUNGAN PRODI KESEHATAN MASYARAKAT TENTANG PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK DAN MIKROPLASTIK SEBAGAI UPAYA MENCAPAI TARGET SDG’S INDONESIA BEBAS SAMPAH PLASTIK TAHUN 2030. appeared first on STIKes Kuningan.