[stikku.ac.id] – Geliat gerakan literasi di kampus STIKes Kuningan (STIKKU) terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan salah satunya pelaksanaan pemilihan Duta Baca kampus II STIKKU Tahun 2021 yang berlangsung dan berjalan dengan baik pada hari Rabu, (27/10/2021) di aula kampu II RS Ciremai, Cirebon.

Kegiatan pemilihan Duta Baca STIKKU Kampus II merupakan salah satu program dari Perpustakaan STIKKU, setelah 4 tahun sebelumnya diadakan dikampus I STIKKU dan pada tahun ini diadakan dikampus II dalam rangka menumbuhkembangkan budaya membaca dikalangan mahasiswa dan meningkatkan prestasi dalam bidang literasi yang saat ini sedang digalakan oleh Pemerintah.

Acara Pemilihan dihadiri oleh Dinas Perpustakaan Kota Cirebon, Nurhamidah, S.I.Pust selaku kepala unit Perpustakaan, Dani Bratanata, SH Bagian Kemahasiswaan STIKKU, sedangkan peserta diikuti  oleh 18 mahasiswa dari program studi Keperawatan, Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat dan dipilih 9 orang yang memenuhi administrasi untuk maju ketahap 6 besar dan pada akhirnya dipilih Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3.

Koordinator Kampus II STIKKU, H. Kanapi, S.Kep.Ns. M.MKes dalam sambutannya merasa sangat senang dan bangga karena dapat terlaksana pemilihan Duta Baca dikampus II STIKKU dan berharap bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi diberbagai bidang dan dapat menjadi contoh bagi kampus lainnya diwilayah kota Cirebon.

“Syukur Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan Duta Baca bisa terlaksana dengan baik, saya berharap para mahasiswa bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk giat berprestasi diberbagai bidang, meskipun ini pertama kalinya diadakan di kampsu II STIKKU semoga menjadi kebanggan dan contoh bagi kampus lainnya.” ucapnya

Sementara itu, Juri pemilihan Duta Baca yakni Muhammad Fickry, S.I.Pust, H. Jaenal Mutakin, S.Pd dan Ainun Nabila hadir menjadi tim penilai dalam pelaksanaan pemilihan Duta Baca Kampus II STIKKU dan setelah melewati penilaian presentasi, public speaking dan unjuk kabisa didapatlah 6 orang Juara Duta Baca STIKKU Kampus II yakni; Juara I atas nama Yesi Oktavia mahasiswa Prodi Kesmas Tk.1, Juara 2 yakni Astri Dwiana Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Tk. 1 dan Juara 3 yakni M. Fahmi Idris Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Tk. 2. Sementara itu, untuk Juara Harapan 1 yakni Ifani Eka Dava P Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Tk.2, Juara Harapan 2 yakni Mustikarrohmah Mahassiwa Prodi Keperawatan Tk. 1 dan Juara Harapan 3 yakni Nabila Putri Qayfa N Mahasiswa Prodi Kesmas Tk.2

Saat dihubungi Humas STIKKU, Juara 1 dan 3 Duta Baca Kampus II STIKKU, Yesi Oktavia dan M. Fahmi Idris Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari Duta Baca STIKKU dan siap berkontribusi aktif mengharumkan nama kampus STIKKU

“Pendapat saya tentang menjadi seorang duta baca adalah orang yang harus mengayomi, membimbing, menjadi contoh (teladan) bagi semua orang. Serta perjalanan saya menjadi seorang duta baca baru saja dimulai dan saya harus bisa menjalankan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, agar kegiatan berliterasi ini dapat banyak orang yang minat akan kegiatan literasi ini terutama dikalangan Mahasiswa ini. Dan pendapat saya tentang berkegiatan literasi ini sangatlah penting disemua kalangan baik dianak-anak, remaja, para pemuda dan lain sebagainya sebab literasi sendiri memiliki banyak manfaat dalam lehidupan sehari-hari. Harapan saya kedepannya itu semoga kegiatan berliterasi dapat menjadi lebih baik lagi dan menjadi budaya yang dapat dijadikan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana para pmuda zaman sekarang (agent of change) itu dapat keluar dari zona nyamannya untuk masa depannya (out from comfort zone for your future).” ucap Yesi

Lebih lanjut, M. Fahmi Idris Mahasiswa juara 3 Duta Baca STIKKU merasa pemilihan Duta Baca menjadi pengalamannya yang sangat berharga dan dan tidak menyangka bisa menjadi juara mengingat dalam kondisi pandemi banyak mahasiswa yang kurang produktif namun dia beserta peserta lainnya bisa ikut berpartispasi dalam lomba tersebut.

“Saya rasa acara pemilihan duta baca kemarin cukup baik bagi saya pribadi, mengingat sekarang sedang pandemi namun para peserta ( khususnya )  yang mengikuti lomba tidak patah semangat dalam mengikuti lomba tersebut. Untuk harapan kedepannya saya harap lebih dimaksimalkan lagi baik dari peserta lomba maupun persiapan lainnya. Untuk Perasaanya ga nyangka aja kalau saya masuk dalam pemenang lomba duta baca, karna saya cukup padat jadwalnya namun saya maksimalkan untuk lomba dan Alhamdulillahnya saya menjadi Juara 3 dari lomba duta baca tersebut.” pungkasnya. (Humas).

The post SELAMAT, STIKKU KAMPUS II RS CIREMAI CIREBON PUNYA JUARA DUTA BACA TAHUN 2021 appeared first on STIKes Kuningan.