[stikku.ac.id] – Program pengabdian masyarakat STIKes Kuningan terus dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pada tahun ini dilaksanakan di desa Sakerta Timur kecamatan Darma sekaligus memberikan penyuluhan kesehatan dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang meruapakan salah satu program unggulan pemerintah daerah kabupaten Kuningan khususnya Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Peremuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) yang dilaksanakan pada hari Rabu lalu, (06/10) di aula bale desa Sakerta Timur.

Kegiatan diikuti dengan antusias oleh beberapa orang warga Sakerta Timur yang hadir untuk mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan dan hadir pula perangkat desa Sakerta Timur dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang membuka acara penyuluhan dan memberikan informasi tentang pentingnya membangun kesadaran akan kesehatan diri dan lingkungan dalam mendukung program desa wisata sehat.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH yang memberikan materi kebijakan kesehatan dan K3 dalam konsep desa wisata sehat berharap warga desa Sakerta Timur dapat meningkatkan derajat kesehatannya dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga siap untuk menjadikan lingkungannya menjadi role model bagi desa wisata yang ada di kabupaten Kuningan.

Selain itu, Dosen STIKes Kuningan hadir memberikan materi penyuluhan kesehatan diantaranya tentang mencegah resiko balita gizi kurang dengan sasaran ibu menyusui disampaikan oleh Merissa Laora Heryanto, A.Md.Keb, S.KM, Mencegah resiko masalah kesehatan mental pada remaja dan lansia oleh Aini, Kesehatan Reproduksi Wanita oleh Dera Sukmanawati, M.Keb, Perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemic covid-19 oleh Ahmad Ropii, M.KM, konsep desa wisata sehat persfektif hygine sanitasi lingkungan oleh Bibit Nasrokhatun Diniah, SKM., M.Kes,  dan dimoderatori Hamdan, M.KM.

Acara berlangsung dengan lancar dan penuh kekeluargaan, banyak warga Sakerta Timur berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut dapat menjadikan desanya menjadi lebih sehat dan unggul dalam bidang pariwisata. (Humas)

 

The post PENGMAS P2WKSS STIKKU DI DESA WISATA SAKERTA TIMUR BERI PENYULUHAN KESEHATAN appeared first on STIKes Kuningan.