[stikku.ac.id] – Mahasiswa dan Dosen Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) STIKes Kuningan melakukan Program Pengabdian Masyarakat  dalam sosialisasi dan pemberian masker, sarana cuci tangan dalam upaya pencegahan stunting, covid-19 dan penyakit lainnya di desa locus Nagarawangi Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang melalui peningkatan perilaku CTPS.

 Pengabdian Masyarakat (Pengmas) ini merupakan salah satu program kerja sama dari mahasiswa dan dosen Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 4 orang mahasiswi yaitu Atik Nurhayati, Evi Sonjati, En-En Hukaeni, Lia Mulyawati serta didampingi oleh 2 orang Dosen yaitu Dr. Hj Mamlukah , SKM., M.Kes  dan Dr. Susianto, MKM. Program pengabdian masyarakat dilakukan berbasis multi disipliner untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting, covid-19 dan penyakit lainnya. Pengabdiam Masyarakat ini dilaksanakan dilaksanakan di Kecamatan Rancakalong, Desa Nagarawangi, Puskesmas Rancakalong, Posyandu, Dapur Gazibu.

 Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui sosialisasi tentang pencegahan stunting kepada ibu balita dengan kunjungan rumah dengan pemberian hand sanitizer dan masker, Sosialisasi dan pembagian sarana atau alat cuci tangan diantaranya ember cuci tangan  , hand sanitizer, sabun, masker dan stiker kepada lintas sektor diantaranya kecamatan Rancakalong, Desa Nagarawangi, Posyandu , dapur Gazibu, kunjungan ke pasien stunting. Tujuan dari sososialisasi ini untuk mengedukasi ibu balita dan pihak lain (masyarakat dan lintas sektor)  terkait pentingnya ber-PHBS dengan cuci tangan pakai sabun dan Membantu program pemerintah dalam menurunkan angka prevalensi  stunting, COVID-19 dan penyakit lain

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berjalan dengan lancar maka dibuatlah stiker. Stiker ini yang bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat dalam perilaku hidup sehat khususnya CTPS dan mendorong masyarakat untuk praktek CTPS. Adapun isi dari stiker ini diantaranya adalah langkah-langkah mencuci tangan pakai sabun dengan baik .

Dari hasil sosialisasi ini kami berharap masyarakat  dapat memahami dan meningkatakan pengetahuan  terutama tentang bagaimana menanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dan pentingnya cuci tangan pakai sabun. CTPS ini merupakan perilaku hidup sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit dan dapat dilakukan  baik di Sekolah,  Tempat Ibadah, Tempat Kerja, Tempat Bermain anak-anak serta lingkungan sekitarnya, dan kita juga harus selalu memperhatikan kebersihan lingkungan, juga  menjaga asupan gizi .Dengan berprilaku hidup bersih dan sehat banyak sekali manfaatnya seperti kita dan anggota keluarga tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas terbebas dari penyakit.