Setelah sukses mengikuti pemilihan Duta Baca Kuningan sejak tahun 2018, 2019 dan 2020 mahasiswa STIKes Kuningan kembali menorehkan prestasi yang membanggakan yakni meraih juara pada pemilihan Duta Baca Kuningan Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan.

Acara penganugerahan berlangsung pada hari Sabtu, (18/12) di aula Pendopo Kuningan. Tiga  perwakilan dari STIKKU mendapatkan Juara 1 putra atas nama Adam mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat, Juara 2 Putri atas nama Lia Prisila mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dan juara 3 Putri atas nama Adzra Ayu Hafidzah Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH mengapresiasi prestasi para mahasiswa yang telah meraih juara Duta Baca Kuningan yang ke-4 kalinya berturut-turut dan berharap prestasinya dapat dipertahankan dan menjadi motivasi bagai para mahasiswa lainnya dan berterima kasih kepada Kepala Unit Perpustakaan STIKes Kuningan, Muflihah, SIP yang konsisten membina dan mengirimkan wakil STIKKU ke pemilihan Duta Baca Kuningan setiap tahunnya.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa, saya selaku Ketua STIKes Kuningan mengucapkan selamat atas prestasi mahasiswa STIKes Kuningan sebagai kampus literasi tentu mendukung setiap program yang diikuti oleh mahasiswa baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, dan semoga Perpustakaan STIKes Kuningan juga makin berkembang kegiatan dan inovasinya.” ucap Ketua

Selain penobatan Duta Baca Kuningan oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SE.,MH diberikan pula penghargaan kepada para pegiat literasi dan tokoh masyarakat Kuningan yang peduli terhadap literasi dan dukunganya dalam program Kuningan Bercahaya (Belajar, Membaca Sepanjang Hayat) salah satu mahasiswa program studi S.1 Keperawatan atas nama Dina Alfitri yang juga menjabat sebagai Ketua Paguyuban Duta Baca Kuningan mendapatkan penghargaan sebagai Pegiat Literasi Kuningan yang aktif menggelorakan minat baca di kalangan anak muda.

“Alhamdulillah saya pribadi ucapkan kepada Allah SWT dengan penuh syukur… yang mana membuat perasaan saya senang sekali atas apa yang diraih saat ini dinobatkan menjadi salah satu pegiat literasi Kabupaten Kuningan. terima kasih banyak kepada orang tua yang telah mensupport saya selama ini, para mentor di bidang literasi, juga dari pihak Perpustakaan Kampus STIKKU, Perpustakaan Daerah Kab. Kuningan dan juga kepada teman-teman milenial wilayah Kab. Kuningan yang telah mensupport saya selama ini serta seluruh pihak yang turut andil hingga pencapaian sekarang. Semoga apa yang saya raih hingga bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat Kab. Kuningan dan Teman-teman semuanya dapat memberikan dampak positif bidang literasi agar lebih baik karena tanpa dukungan dari pihak yg disebutkan diatas tidak mungkin penghargaan ini didapatkan. inshaaAllah dengan bekerja lebih baik dan terus membuat inovasi terhadap dunia literasi kuningan akan terus maju.” ungkap Dina

Sementara itu, Adam sang juara 1 putera Duta Baca Kuningan mengungkapkan rasa syukurnya karena diusianya yang masih belia ia mampu bersaing dengan lawannya yang ikut dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Barat, namun tak menyurutkan semangatnya untuk bersaing sehat dengan peserta lainnya.

“Syukur alhamdulillah sebuah kebanggaan bisa dianugerahi sebagai juara 1 Duta Baca Kabupaten Kuningan itu merupakan hal yang tidak pernah terpikirkan dalam diri  saya, dan itu juga menjadi sebuah amanah sekaligus harapan bagi saya dan teman teman duta baca agar bisa melaksanakan program-program untuk meningkatkan literasi di kabupaten kuningan agar terciptanya Kuningan BERCAHAYA. Saya juga berharap agar bisa memberikan hasil yang terbaik ketika mewakili Kabupaten Kuningan pada pemilihan duta baca jawa barat tahun 2022. Terimakasih juga saya ucapkan kepada STIKes Kuningan yang selalu memberikan dukungan dan fasilitas sehingga saya bisa sampai pada titik ini.” pungkasnya