[stikku.ac.id] – Mahasiswa program studi profesi Bidan STIKes Kuningan (STIKKU) kembali membuat inovasi produk yang sehat dan bergizi yakni puding kelor. Inovasi ini dibuat oleh sejumlah mahasiswa program studi Profesi Bidan STIKes Kuningan yang berasal dari Brebes Jawa Tengah seperti Nur Hidayah, S.ST, Uma cholifah, S.ST., M.Kes, Isrotun Wikoyah, S.ST, Wastiah,S.ST dan Sri Wiyati, S.ST dengan didampingi oleh dosen-dosen prodi Profesi Bidan dari STIKes Kuningan.

Tujuan dibuatnya puding kelor ini untuk mencegah anemia, membantu mempercepat meningkatkan HB dan dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan zat besi yang nanti akan membantu pembentukan haemoglobin karena setiap cup puding daun kelor (100 gram) mengandung 159, 97 kal, 21,62 gram karbohidrat, 7,02 gram protein, 4,08 gram lemak dan 7,05 mg zat besi. Sehingga kandungan tersebut sangat cocok bila dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui agar dapat memproduksi ASI dengan lancar.

Sementara itu, untuk membuat puding kelor dibutuhkan bahan-bahan seperti; 100 gram daun kelor segar, 150 ml air panas, 700 ml susu cair tawar, 100 gram gula pasir, 1 bungkus agar-agar bubuk, ¼ sendok the garam, pasta pandan dan vanilla secukupnya (optional). Adapun cara pembuatannya adalah pertama, rebus daun kelor (petik daunnya saja) dengan air panas, setelah layu blender hingga halus, sisihkan. Jika ingin tekstur puding benar-benar halus, dapat disaring terlebih dahulu untuk diambil airnya saja. Kedua, campur semua bahan; jus daun kelor, susu, gula, agar-agar bubuk, garam, serta pasta pandan dan vanilla kemudian masak hingga mendidih. Ketiga, tuangkan pada cetakan atau puding cup, lalu diamkan hingga hangat kemudian masukkan kedalam lemari pendingan selama kurang lebih 10 menit (untuk cup 50 ml). Terakhir, puding siap disajikan!

Selamat Mencoba!

 

The post Mahasiswa Profesi Bidan STIKKU Ciptakan Inovasi Produk Puding Kelor appeared first on STIKes Kuningan.