[stikku.ac.id] – Program studi magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan (STIKKu) untuk pertamakalinya sejak diresmiklan oleh LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten tahun 2019, telah selesai melaksanakan Asesmen Lapangan Daring (ALD) tahun 2021 yang dilaksanakan sejak tanggal 28-30 Desember 2021 bertempat di aula magister kesehatan masyarakat STIKes Kuningan.

Kegiatan ALD dimulai pada hari Selasa (28/12) dan dibuka secara resmi oleh Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH, dihadiri pula oleh pengurus Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK) secara daring dan dinilai secara virtual oleh tim asesor yang terdiri dari Dr.drg.Setya Haksama, M.Kes dan Dr. Drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes.

Acara Asesmen Lapangan Daring (ALD) diawali dengan sambutan oleh Ketua STIKes Kuningan dan dilanjutkan dengan pengenalan dan perkenalan dengan tim asesor. Dalam sambutannya, Ketua STIKes Kuningan berharap Asesmen Lapangan Daring (ALD)  prodi magister kesehatan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik selama 3 hari kedepan oleh seluruh tim baik tenaga pendidik dan Dosen magister kesehatan masyarakat yang nanti akan dinilai oleh tim asesor.

“Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita kesempatan pada hari ini untuk melaksanakan Asesmen Lapangan Daring (ALD) yang sudah dipersiapkan dengan baik oleh tim dari prodi magister Kesehatan dan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketua YPBHK, Prof.dr.Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO yang telah mensupport kegiatan ALD, setelah penilaian selesai saya  berharap kita akan dapat hasil yang terbaik dan untuk kemajuan STIKes Kuningan khususnya prodi magister kesehatan masyarakat.

Setelah itu, tim prodi magister kesehatan masyarakat yang diwakili oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Cecep Heriana, SKM., MPH kemudian mempresentasikan sejarah berdirinya kampus STIKKu dan road map jangka panjang capaian dan kinerja yang telah diraih oleh STIKKu. Kemudian beliau menjelaskan juga tentang dokumen kinerja dan LED UPPS/Program Studi dan mengkonfirmasi terkait kebijakan makro, pengembangan, system tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan dan rencana pengembangan UPPS/prodi.

 

Sementara itu, Ketua Prodi Magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, Dr. Hj. Mamlukah, S.KM., M.Kes menyampaikan bahwa prodi magister Kesehatan masyarakat sudah siap untuk di asesmen oleh tim asesor.  tim dosen dan tenaga kependidikan. Dalam sambutannya beliau menjelaskan sejarah berdirinya prodi magister kesehatan dan memaparkan visi prodi magister Kesehatan masyarakat yakni menjadi penyelenggara program magister Kesehatan masyarakat yang inovatif, bermutu dan unggul dalam bidang Kesehatan masyarakat perdesaan tahun 2035.

“Prodi Magister Kesehatan Masyarakat berharap para lulusannya nanti dapat menjadi ahli kesehatan masyarakat yang inovatif, bermutu yang memiliki wawasan pembangunan masyarakat perdesaan dengan pemanfaatan teknologi informasi, dengan total 38 SKS yang terdiri dari 24 sks MK Wajib, 10 sks MK Peminatan dan 4 sks Tesis dengan lama studi 4 semester, kami berharap dapat dilaksanakan oleh para mahasiswan dengan sistem pembelajaran Blanded Learning” ucap Kaprodi

Acara Asesmen Lapangan Daring (ALD) kemudian dilanjutkan dengan penilaian proses pembelajaran pada perkuliahan dan tutorial termasuk sarana prasarana pendukungnya baik softcopy dan hardcopy dokumen penunjangnya yang telah disiapkan oleh tim akreditasi STIKes Kuningan dari kriteria 1 hingga kriteria 9 dan dilanjutkan dengan observasi sarana prasarana yang ada di STIKes Kuningan.

Dihari kedua tim akreditasi prodi magsiter kesehatan masyarakat melaksanakan penilaian wawancara pada kelompok pemangku kepentingan, alumni dan tenaga kependidikan guna mendapatkan penilaian dari para asesor dan diakhiri dengan diskusi internal tim asesor dan penyerahan draft berita acara Asesmen Lapangan Daring (ALD).

Agenda terakhir pada kegiatan Asesmen Lapangan Daring (ALD) yakni diskusi umpan balik dan pembacaan rekomendasi dari hasil penilaian selama 3 hari oleh tim asesor dan mendengar tanggapan dari pimpinan STIKKU juga prodi magister kesehatan masyarakat dan ditutup dengan penandatanganan berkas berita acara.

Semoga hasil Asesmen Lapangan Daring (ALD) yang telah dilaksanakan oleh tim akreditasi dan dinilai oleh tim asesor akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk kemajuan STIKes Kuningan khusunya prodi magister kesehatan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The post ASESMEN LAPANGAN DARING (ALD) PRODI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT STIKES KUNINGAN appeared first on STIKes Kuningan.