Berbicara mengenai Prestasi, prestasi adalah pencapaian akhir dari sebuah proses yang luar biasa. Salah satu mahasiswa STIKes Kuningan, saat ini telah memberikan sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi kampus STIKes Kuningan. Kali ini, prestasi diraih oleh Nina Agustina dari Prodi Keperawatan Semester 3 sebagai juara 1 dalam Pemilihan Duta Baca Kabupaten Kuningan.

Pemilihan Duta Baca Kab. Kuningan diselenggarakan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kuningan berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari tanggal 20-21 November 2018. Dengan rangkaian kegiatan berupa seleksi administrasi, tahap wawancara, sampai kepada pemaparan program kerja unggulan bagaimana jika terpilih sebagai Duta Baca Kabupaten Kuningan. Ada sebuah proses panjang yang menjadi sebuah langkah-langkah berat yang Nina lewati hingga bisa menjadi seorang pemenang. Nina mengatakan Prosesnya sangat panjang dan sangat ketat persaingannya, mengingat lawan-lawan yang luar biasa kemampuannya dan memiliki wawasan yang sangat luas, tetapi secara garis besar awalnya tentu kita harus bisa menyiapkan persyaratan administrasi yang lumayan banyak dari mulai CV, artikel, foto, prestasi, dan formulir. Kemudian setelah administrasi lengkap dinyatakan sejumlah peserta yg lolos tahap awal, lalu masuk ke seleksi tahap 2 yaitu tatap muka langsung dengan dewan juri selama 2 hari, kegiatannya juga padat dari pagi sampai sore kami diwawancara, ditanya program untuk meningkatkan literasi, ada juga forum diskusi dengan sesama calon duta, unjuk bakat, presentasi artikel, mencari solusi atas permasalahan literasi, dan masih banyak lagi. Dari sanalah juri menilai kemampuan dari setiap peserta, dan yang terbaiklah yang muncul sebagai juara. Dari uraian yang Nina sampaikan kita menjadi tahu bahwa proses panjang yang kita lewati dengan penuh ketekunan sudah pasti berbuah kebaikan dan Nina telah membuktikan itu.
Adapun penyelenggara kegiatan ini adalah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan, yang diikuti oleh beberapa mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Kab. Kuningan seperti; mahasiswa perwakilan dari STIKKU, STKIP, UNIKU, STIS HK, dan juga masyarakat umum. Tujuan diadakannya Pemilihan Duta Baca tersebut adalah untuk mencari para pegiat literasi demi meningkatkan minat baca masyarakat, juga duta baca untuk mendukung program Kuningan bercahaya (belajar dan membaca sepanjang hayat) maka dari itu kegiatan ini diadakan.

“Saya termasuk orang yang mencintai literasi, dan saya merasa miris melihat literasi yang masih rendah di masyarakat, hal itulah yang menjadikan latar belakang saya untuk merasa perlu berkontribusi secara nyata untuk perbaikan literasi di Kab. Kuningan sehingga dengan modal nekat dan mungkin tanpa persiapan yang matang saya coba beranikan diri untuk mengikuti ajang ini dan luar biasa Alhamdulillah nama saya muncul sebagai juara meski pun jujur saya sangat pesimis pada awalnya karena melihat orang lain yang jauh lebih menguasai panggung dari pada saya, tapi mungkin inilah yang dinamakan takdir. Ujar Nina saat diwawancara mengenai alasannya bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis bertanya perihal kesan dan pesannya kepada Nina yang telah mengikuti kegiatan tersebut, “Tentu saya sangat senang dan sangat tidak menyangka bisa menjadi Duta Baca Kab. Kuningan, mungkin ini adalah pencapaian terbesar saya untuk melampaui batas kemampuan saya selama ini, tetapi disisi lain ini juga menjadi tantangan baru bagi saya karena ruang lingkupnya sudah lebih luas dan saya juga harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang untuk kompetisi yang jauh lebih besar di Jawa Barat nantinya, yang pasti saya begini karena dukungan dari banyak pihak terutama saya sangat mengapresiasi pihak Perpustakaan STIKKU yang mendukung penuh saya dalam kegiatan ini, dan saya juga mohon bantuannya kepada semua pihak agar kedepannya bisa membantu program-program dari Duta Baca Kab. Kuningan untuk bisa meningkatkan dunia literasi demi mewujudkan Kuningan bercahaya dan melahirkan generasi emas yang padat karya.”
Salam Literasi!

(sumber : Persma)